You are currently viewing Kenali 2 Jenis Besi Wiremesh Dan Penggunaannya

Kenali 2 Jenis Besi Wiremesh Dan Penggunaannya

  • Post author:
  • Post category:Besi
  • Post comments:0 Comments

Di samping mendapatkan hunian yang estetik, aspek keamanan bangunan juga adalah hal vital yang perlu diperhatikan selama proses pembangunannya seperti dengan mempertimbangkan komponen material besi jual wiremesh.

Jenis besi satu ini merupakan komponen penting yang tak boleh tertinggal demi kestabilan suatu bangunan. Agar makin paham, mari cari tahu pentingnya wiremesh di bawah ini!

Apa Itu Besi Wiremesh?

Panjangnya usia sebuah bangunan bergantung penuh pada tepatnya pemilihan material konstruksi. Makin matang perencanaannya, semakin panjang pula usia bangunan tersebut di kemudian hari.

Di masa kini sudah banyak dijumpai hunian berharga miring yang menggiurkan, namun perlu kehati-hatian pula mengingat vitalnya komponen bangunan yang digunakan.

Pernahkah anda melihat ‘anyaman’ besi saat pembangunan rumah? Material ini dinamakan besi wiremesh. Rangkaian besi berpola jajargenjang dengan sambungan las punya peran penting sebagai penguat bangunan.

Kenali Jenis-jenisnya

Wiremesh yang dijual di pasaran terbagi menjadi dua jenis, yakni gulungan dan lembaran yang masing-masing punya karakteristik berbeda seperti berikut :

  1. Gulungan

Jika umumnya dijual dalam bentuk lembaran, wiremesh juga tersedia dalam bentuk gulungan yang memiliki standar ukuran meter lari dikali lebarnya 210 cm.

  1. Lembaran

Merupakan jenis wiremesh paling sering dijumpai, tipe lembaran ini mempunyai standar ukuran 210 cm x 540 cm.

Selain standar yang disebutkan tadi, anda juga bisa menemukan wiremesh yang berukuran 4 mm sampai 12 mm, namun karena pembulatan maka akan sering ditulis sebesar 5 mm-10 mm. Fakta lainnya, besi wiremesh juga punya kode tersendiri.

Untuk menyebut ukuran, besi tersebut punya istilah khusus yakni “M”, misalnya besi berkode M5 yang berarti diameternya adalah 5 mm. Namun wiremesh juga terdapat ukuran toleransi yang variatif, mulai dari 0.7 mm, 0.5 mm, dan 0.3 mm.

Dengan toleransi ukuran, anda bisa membeli besi berspesifikasi M6 dan ukurannya mulai dari 6.3 mm, 6.5 mm, dan 6.7 mm.

Penggunaan Besi Wiremesh

Lantas, salah satu material konstruksi yang mampu menghasilkan bangunan kokoh tersebut dapat diaplikasikan untuk penggunaan apa saja?

  • Jalan

Pada pembangunan jalan yang memadukan semen dan beton juga mengandalkan penggunaan wiremesh sebagai penguat konstruksi.

  • Pagar

Dalam menciptakan pagar bangunan pun tidak boleh sembarangan dan penting sekali untuk menentukan komponen pengokoh strukturnya. Salah satu pengokoh yang dapat digunakan adalah besi wiremesh.

Jika membandingkan dengan besi konvensional, konstruksi menggunakan wiremesh lebih tahan beban dan kuat.

  • Dak beton

Biasa dilakukan pada bagian teratas gedung, wiremesh digunakan untuk memaksimalkan pengecoran dan memperkuat strukturnya.

  • Fasad

Fasad bangunan yang kokoh adalah syarat penting di dunia konstruksi, dan hal tersebut dapat dimaksimalkan melalui penggunaan wiremesh.

Itu dia serba-serbi besi wiremesh dalam bangunan yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply