You are currently viewing Jangan Salah! Ini Bedanya Gelato Ice Machine Dengan Soft Ice Cream Machine

Jangan Salah! Ini Bedanya Gelato Ice Machine Dengan Soft Ice Cream Machine

Pernahkah anda memakan es krim gelato dan berpikir tentang bagaimana es gelato bisa dibuat dengan rasa yang enak? Sekarang hampir semua toko yang menyajikan es krim gelato tak luput dari bantuan gelato ice machine di baliknya. 

Apa bedanya dengan mesin es krim biasa? Ketahui perbedaannya berikut ini.

Gelato Ice Machine

Sebelumnya, apa itu gelato ice cream? Ini disebut juga dengan hard ice cream yang mana merupakan varian ice cream regional Italia. Bahan utamanya adalah susu, krim, beragam gula, penyedap termasuk juga pure buah serta kacang. 

Untuk mesin gelato ice cream tersebut dibuat secara khusus untuk pembuatan adonan jenis gelato (yaitu mesin jenis gelato) yang mana mirip dengan mesin pembuat hard ice cream. Akan tetapi, es gelato memakai bahan-bahan yang tentunya lebih lembut atau soft.

Pada mesin, proses pembekuan hanya memerlukan suhu minus 10°C saja. Kemudian, dari segi proses pengadukan, mesin es gelato mengaduk lebih lambat daripada mesin es krim biasa. Sehingga campurannya lebih padat.

Mesin Ice Cream Soft

Berbeda dengan mesin es gelato, mesin ice cream soft punya banyak jenis atau varian. Semuanya dikategorikan dari output produk yang telah dihasilkan. Di mesin ice cream terdapat hopper atau disebut juga wadah untuk pengolahan bubuk es krim serta mengaduknya.

Dilengkapi juga valve pada sisi depan apabila hendak menyajikan ice cream dengan cone. Pada mesin gelato sebenarnya juga ada hopper, namun pengaduk es gelato lebih cepat daripada pengaduk ice cream biasa. 

Lanjut ke proses pembekuan, jika sebelumnya pembekuan gelato minus 10°C, mesin es krim mencapai minus 20°C. Mesin es krim juga mengaduk lebih cepat dan kuat.

Proses pengadukan yang lebih cepat dan kuat tersebut memungkinkan terjadinya peningkatan volume melalui udara yang timbul saat pengadukan. Volume udara dapat bertambah tinggi sehingga membuat tekstur ice cream lebih soft. Jadi, itulah pembahasan mengenai perbedaan dari mesin es gelato atau gelato ice machine dengan mesin pembuat es krim soft

Leave a Reply