You are currently viewing Kapasitas Genset Terbesar

Kapasitas Genset Terbesar

Apa itu genset?

Genset adalah sebuah singkatan dari kalimat generator set. Generator set adalah sebuah mesin atau sejenis perangkat yang digunakan untuk pembangkit listrik melalui mesin penggerak yang dirakit menjadi suatu kesatuan. Genset ini berguna untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tenaga tertentu tergantung dengan kapasitas genset.

Generator set atau genset ini bekerja melalui pembakaran internal dengan bahan bakar solar atau bensin. Secara sederhana generator adalah alat penghasil listrik. Cara kerja genset yaitu dengn mengubah energy gerak kinetic menjadi energy listrik.

Untuk pertama kali genset dikenalkan oleh Michael Faraday pada tahun 1831. Namun pada awal ditemukannya genset masih berbentuk huruf ā€œUā€ kemudian dirangkai dengan menggunakan bahan dasar kawat. Sehingga pada saat itu genset dinamai dengan istilah generator Cakram Faraday.

Berdasarkan jenis arus listrik yang dihasilkan oleh generator set, generator listrik dibedakan menjadi 2 (dua) jenis yaitu generator listrik alternator dan generator listrik dynamo.

Jenis ā€“ jenis genset

  1. Genset Silent

Genset silent  adalah genset yang diproduksi secara lengkap denganmenggunakan canopy. Canopy adalah suatu jenis desain genset yang diproduksi menggunakan konstruksi knock down serta dilengkapi pula dengan pintu. Sehingga dengan adanya pintu tersebut dapat mempermudah akses dalam menggunakannya serta dalam perawatannya.

Sesuai dengan namanya genset silent dapat dinyalakan tanpa harus mendengar suaranya. Hal ini karena dalam genset silent terdapat keunggulan peredaam suara. Sehingga apabila anda takut kebisingan dalam menggunakan genset maka anda dapat membeli genset silent.

  1. Genset perkins

Perkins merupakan salah satu merk genset yang berasal dari paris. Dinamakan genset perkins karena genset ini ditemukan oleh Frank Perkins pada tahun 1932. Setelah berhasil membuat genset perkins, beliau langsung melakukan uji coba pada tahun yang sama.

Sejak berhasil melakukan uji coba, genset perkins langsung terkenal dan laku di pasaran. Bahkan hingga saat ini penjualannya selalu meningkat, juga diketahui perkins bahkan melebarkan sayapnya dengan memproduksi berbagai jenis kendaraan.

Perkembangan penjualan genset perkins yang selalu meningkat tidak hanya di Negara inggris namun juga sampai ke Negara bagian Asia Tenggara. Merek genset perkins menjadi salah satu merk genset yang digemari konsumen karena kualitasnya yang bagus. Genset perkins biasanya digunakan oleh masyarakat luas atau pebisnis untuk memasok pencahayaan pada saat listrik padam.

Kapasitas Genset

Genset memiliki variasi kapasitas sesuai dengan merk yang diinginkan. Kapasitas tersebut disesuaikan dengan tenaga listrik yang dihasilkan. Terdapat beragam jenis genset dengan kapasitas 9-5000 kVA. Semakin besar kapasitas genset yang anda miliki maka semakin besar pula kapasitas daya yang dihasilkan. Dengan demikian sangat penting bagi anda untuk mengukur kapasitas genset dengan daya genset yang anda butuhkan.

Leave a Reply