You are currently viewing Kekurangan Atap Metal Yang Perlu Dipertimbangkan

Kekurangan Atap Metal Yang Perlu Dipertimbangkan

Saat ini, atap metal spandek banyak digunakan untuk berbagai bangunan karena sejumlah kelebihan yang ditawarkannya. Misalnya, bobotnya yang ringan, pemasangannya yang mudah, dan daya tahannya yang lama dan kuat. Namun, genteng metal juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Apa saja?

Rentan Terhadap Korosi

Kekurangan genteng metal yang pertama adalah rentan terhadap korosi. Kontraksi dan ekspansi dari bahan logam yang digunakan dapat merusak genteng. Genteng metal hadir dalam bentuk lembaran, dan hal ini membuatnya rentan terhadap kerusakan mekanik karena logam tipis yang digunakan.

Warna Mudah Pudar dan Mengelupas

Walaupun hadir dalam beragam warna yang menarik, namun ternyata warna dari genteng metal mudah pudar dan mengelupas. Hal ini tentunya akan membuat tampilan rumah menjadi kurang menarik dan terlihat kurang terawat. Anda mungkin perlu melakukan pengecatan ulang secara berkala untuk menjaga warna genteng metal.

Selain itu, perlu Anda perhatikan pula bahwa genteng metal juga rentan terhadap goresan, yang juga berpengaruh pada warnanya.

Rentan Terhadap Tekanan

Meskipun memiliki daya tahan yang bagus, atap metal spandek rentan terhadap tekanan. Genteng metal memiliki ketebalan hanya sekitar 0,20mm hingga 0,40mm. Dengan ukuran ketebalan ini, genteng metal akan cenderung rusak ketika diinjak. Selain itu, tekanan besar lainnya seperti hujan yang sangat deras bisa membuat genteng metal menjadi penyok dan rusak.

Karena itu, penting untuk memperhatikan material-material yang digunakan untuk membuat genteng metal.

Daya Redam Panas yang Rendah

Menggunakan genteng metal akan membuat rumah terasa panas karena daya redam panasnya yang rendah. Atap jenis ini hanya mampu meredam panas dari luar sebanyak 70%. Untuk mengatasinya, Anda harus memiliki ventilasi yang baik dan tepat di dalam rumah.

Berisik

Selain kurang baik dalam meredam panas, genteng metal juga mengeluarkan suara berisik saat terkena hujan. Hal ini bisa jadi sangat mengganggu, terutama saat musim hujan datang dan Anda memiliki bayi di rumah. Pertimbangkan kekurangan atap metal spandek yang satu ini jika Anda memprioritaskan ketenangan di dalam rumah Anda.

Leave a Reply