You are currently viewing Biaya Pemasangan Gigi Palsu Di Rumah Sakit, Klinik, Dan Puskesmas

Biaya Pemasangan Gigi Palsu Di Rumah Sakit, Klinik, Dan Puskesmas

Pasang gigi palsu bisa menjadi solusi untuk menggantikan gigi asli yang hilang atau tanggal. Gigi palsu ini memang dibuat sesuai dengan fungsi dan struktur gigi asli. Banyak alasan yang mendasari orang-orang untuk memilih menggunakan gigi palsu, seperti untuk kenyamanan saat makan. Lalu, berapa biaya pemasangan gigi palsu?

Biaya Pasang Gigi Palsu di RS, Klinik, dan Puskesmas

Pada dasarnya, biaya yang dikenakan untuk pemasangan gigi palsu berbeda-beda di setiap rumah sakit dan klinik. Perbedaan harga ini bergantung pada beberapa faktor, salah satunya adalah peralatan yang digunakan, serta jenis dan bahan gigi palsu yang dipilih. Jenis gigi palsu yang paling terjangkau adalah gigi palsu berbahan akrilik.

Selain itu, dental bridge atau gigi palsu jembatan juga lebih terjangkau dibandingkan dengan dental implant atau implan gigi, yang keduanya termasuk jenis gigi palsu permanen. Untuk kisaran harganya, biaya pemasangan gigi palsu di klinik kesehatan dan rumah sakit berkisar mulai dari Rp. 300.000 hingga Rp. 8.000.000.

Untuk biaya yang lebih murah, Anda bisa memilih untuk membuat dan memasang gigi palsu di puskesmas terdekat. Biayanya tetap bergantung pada jenis dan bahan gigi palsu yang Anda pilih. Namun, biaya maksimal untuk pasang gigi palsu di puskesmas adalah Rp. 1.000.000. Perlu diingat bahwa harga ini bisa saja berbeda di beberapa puskesmas tertentu.

Apakah BPJS Menanggung Biaya Pasang Gigi Palsu?

Anda bisa menggunakan BPJS jika memasang gigi palsu di puskesmas. Anda bisa menggunakan kartu kesehatan ini di rumah sakit atau klinik hanya jika mendapat rujukan dari puskesmas, sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Namun, perlu diingat bahwa BPJS tidak sepenuhnya menanggung biaya pasang gigi tiruan.

BPJS hanya memberikan subsidi sebesar Rp. 250.000 untuk 1 hingga 8 gigi palsu, Rp. 500.000 untuk 9 hingga 16 gigi palsu, dan Rp. 1.000.000 untuk 2 rahang sekaligus. Jika ingin pertanggungan yang lebih lengkap atau lebih banyak, Anda bisa menggunakan asuransi kesehatan yang memberikan pertanggungan untuk pasang gigi palsu.

Leave a Reply