You are currently viewing 5 Tips Merawat dan Membersihkan Griddle Electric

5 Tips Merawat dan Membersihkan Griddle Electric

Jika ada acara khusus atau untuk menyambut pesta, mungkin Anda bisa berkumpul dengan orang tersayang untuk menyantap makanan bakar. makanan bakar dan makanan panggang memiliki cita rasa khusus yang bisa membuat ketagihan. Sayangnya, karena menggunakan bumbu, ia meninggalkan sisa dan membuat panggangan listrik menjadi hitam atau lengket. Jika pemanggang Anda berwarna hitam dan lengket, berikut beberapa tips merawat dan membersihkan griddle electric dengan mudah. 

Apa itu Griddle Electric?

Griddle dibuat sebagai alat khusus untuk memanggang atau memanggang, yang terdiri dari piring lebar yang dipanaskan di atas kompor. Umumnya, griddle digunakan sebagai peralatan masak rumah dan komersial. Griddle mampu menyiapkan berbagai makanan dengan memanggang atau menggoreng. 

Griddle listrik berbeda dari griddle lainnya, sarena alat ini mengeluarkan sedikit asap, bahkan ada yang tidak mengeluarkan asap saat digunakan untuk memanggang berbagai makanan seperti daging, ayam, jagung dan makanan lainnya.

Menggunakan panggangan elektrik membuat memasak menjadi lebih mudah karena Anda hanya membutuhkan daya listrik sebagai energi untuk menyalakan pemanas. Yang harus Anda lakukan di rumah adalah menghubungkannya ke catu daya dan pemanggang siap digunakan.  

Cara merawat Griddle Electric

Setelah membeli pemanggang elektrik, Anda hanya perlu merawatnya agar pemanggang elektrik tidak mudah rusak dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Beberapa hal berikut dapat Anda lakukan untuk merawat jaringan listrik Anda dengan baik:

  1. Cabut Kabel Power

Sebelum membersihkan, pastikan kabel power dicabut dari stop kontak. Kemudian tunggu beberapa saat hingga pemanggang menjadi dingin atau kembali ke suhu normal.

  1. Gunakan Air untuk Membersihkan Griddle

Saat suhu normal, Anda bisa menyiramnya terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat semprot menggunakan air yang bertekanan tinggi, sehingga kotoran atau noda terlepas dari panggangan. Setelah itu, Anda bisa menggosok dengan mencampurkan sabun cuci piring ke dalamnya.

  1. Direndam Semalaman

Anda bisa mengatasi noda membandel dengan terlebih dahulu merendamnya semalaman agar lebih mudah digosok atau dibersihkan.

  1. Gosok Menggunakan Sikat Kawat

Anda bisa menggosok noda dengan sikat kawat untuk hasil terbaik, terutama pada kotoran yang membandel.

  1. Bisa Menggunakan Bahan Alami

Bagi yang ingin membersihkan dengan bahan alami bisa melakukan eksfoliasi dengan campuran air lemon dan garam saat keramas. Selain itu, Anda juga bisa merendamnya dengan air kopi, terutama untuk mengatasi minyak di roaster. Terakhir, keringkan panggangan hingga benar-benar kering untuk mencegah bakteri dan jamur jika Anda memutuskan untuk menyimpannya.  

Itulah, pengertian dan beberapa tips dalam merawat dan membersihkan griddle electric milik Anda dengan mudah. Pastikan Anda mengikuti cara di atas dengan benar, sehingga electric griddle Anda dapat awet dan digunakan untuk waktu yang lama.

Leave a Reply