You are currently viewing Mengenal Karakteristik Atap Baja Berkualitas

Mengenal Karakteristik Atap Baja Berkualitas

Material untuk konstruksi bangunan saat ini sangat berkembang, salah satunya untuk rangka dan juga atap. Tidak hanya atap berbahan besi maupun tanah liat atau genteng saja, saat ini atap baja juga menjadi salah satu material yang paling banyak digunakan dalam pembangunan besar seperti pabrik.

Bahkan, rangka yang digunakan pun juga terbuat dari bahan material baja. Jadi, baik untuk rangka maupun atap dapat juga secara keseluruhan berbahan baja. Lantas, apa saja karakteristik dari atap baja ringan terbaik yang berkualitas? Berikut ulasannya.

Karakteristik Atap Baja Berkualitas

  1. Memiliki Lapisan Anti Karat

Atap baja yang baik dan berkualitas yang terjamin memiliki lapisan pelindung anti karat. Banyak hal yang dapat menyebabkan korosi atau pengkaratan, entah terkena cairan asam pada saat pengerjaan atau kesalahan dalam pemotongan. 

Selain itu, faktor cuaca yang ekstrim juga menjadi salah satu faktor terjadinya pengkaratan. Anda harus pula teliti dalam memilih atap baja yang baik tentulah dilengkapi dengan lapisan pelindung anti karat.

  1. Koefisien Muai Rendah

Ciri – ciri atap yang berkualitas bagus adalah apabila mengalami tekanan maka akan dapat kembali ke bentuk semula. Jika bahan mengalami kondisi seperti ini tentu bisa dikatakan elastis dan terjamin pula untuk ketahanannya.

  1. Tampilan Warna Mengkilap

Atap baja merupakan atap yang terbuat dari campuran beberapa bahan utama. Atap berbahan baja yang baik akan memiliki tampilan warna yang mengkilap. Selain itu, bahan ini juga memiliki karakteristik kuat dan juga keras sehingga akan awet digunakan.

  1. Ketebalan Yang Baik

Atap baja yang berkualitas tentu memiliki ketebalan yang baik. Hal ini akan membuat atap baja lebih tahan terhadap beban maupun tekanan dari luar seperti cuaca yang ekstrim maupun curah hujan yang tinggi. Ketebalan yang baik ini pula dapat menjadikan atap berbahan baja tahan terhadap udara yang lembab.

Demikian beberapa karakteristik dari atap berbahan baja yang berkualitas baik, tentunya selain berstandar SNI, anda juga perlu untuk mempertimbangkan beberapa hal tersebut.

Leave a Reply