You are currently viewing Kelebihan Dan Kekurangan Genteng Metal Minimalis

Kelebihan Dan Kekurangan Genteng Metal Minimalis

Saat ini, opsi penutup atap yang disebut genteng menjadi lebih populer dari sebelumnya. Variasi genteng yang tersedia di pasaran secara bertahap mulai berkembang seiring berjalannya waktu. Genteng asbes, genteng kaca, genteng keramik, genteng logam, dan genteng metal minimalis adalah beberapa dari pilihan variasinya.

Tentang Genteng Metal Minimalis

Genteng metal adalah salah satu bentuk genteng yang tersusun dari baja galvalume az 100, zincalume, zinc phosphate, dan kombinasi coraltex. Genteng ini memiliki lapisan atas berpasir untuk menjaga panas matahari yang terik masuk ke rumah. Tersedia dalam ketebalan mulai dari 0,20 hingga 0,40 milimeter (mm).

Genteng ini juga tersedia dalam berbagai warna, model, dan tingkat daya tahan. Genteng ini relatif ringan dan membutuhkan struktur atap baja ringan untuk pemasangannya dan ramah lingkungan serta tidak membutuhkan biaya perawatan yang mahal.

Kelebihan Genteng Metal Minimalis

  1. Sifat Korosif dan Anti Karat

Genteng metal terbuat dari seng, aluminium, dan lapisan anti karat, yang kemudian dicat. Karena bahan yang digunakan tersebut, genteng ini tahan terhadap karat, korosi, dan degradasi bahan kimia.

  1. Tidak Mudah Terbakar

Genteng ini tidak mudah terbakar dan juga tidak membawa panas. Selain itu, saat hujan disertai petir, genteng ini memiliki kekuatan untuk meredam sambaran petir dengan aman.

  1. Bisa Meredam Suara dari Luar

Lapisan luar genteng metal pasir ini dapat meminimalisir noise atau kebisingan dari luar rumah. Curah hujan yang tinggi selama musim hujan dapat menghasilkan kebisingan, namun dapat diredam oleh genteng metal ini.

  1. Memiliki Sistem Kunci yang Unik

Pemasangan genteng ini memiliki mekanisme kunci yang dibangun khusus yang sulit dibuka. genteng ini tidak mudah bergerak saat angin kencang atau saat diinjak karena genteng disatukan oleh mekanisme kunci.

Kekurangan Genteng Metal Minimalis

  1. Kapasitas untuk Menurunkan Panas Terbatas

Meski genteng ini memiliki lapisan dengan kandungan material galvalum yang tinggi, namun kemampuan menyerap panasnya hanya 70%.

  1. Cukup Rentan Tekanan

Karena genteng ini hanya setebal 0,20 hingga 0,40 mm, ubin ini sangat sensitif terhadap tekanan kuat, seperti diinjak.

  1. Warna Genteng Mudah Luntur

Salah satu kelemahan utama adalah lapisan warna genteng yang mudah terkelupas. Alhasil, Anda harus berhati-hati saat pemasangan agar warnanya tidak terkelupas.

Leave a Reply