You are currently viewing Mengenal Jenis Panel Surya Atap

Mengenal Jenis Panel Surya Atap

Panel surya termasuk panel surya atap merupakan salah satu jenis panel yang sudah cukup populer di tengah masyarakat. Lantas, jenis panel surya apa yang terbaik? Bagi Anda yang ingin mengenalnya lebih jauh, simak pembahasannya di bawah.

Mengenal Jenis Panel Surya Atap

Panel surya adalah alat yang bisa mengubah energi cahaya matahari ke energi listrik. Untuk itu, panel surya atap berarti panel surya yang bisa menghasilkan energi listrik untuk sebuah bangunan atau hunian.

Selain itu, bagian yang tidak boleh Anda lupakan, panel surya bekerja dengan didukung oleh teknologi fotovoltaik. Teknologi fotovoltaik sendiri merupakan teknologi yang digunakan dalam mengkonversi radiasi matahari menjadi energi listrik yang akan disimpan dalam baterai. Nantinya, pengguna dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan listrik pada takaran tertentu. 

Nah, berbicara mengenai panel surya atap, ternyata terdapat beberapa jenis yang perlu Anda ketahui. Di antara jenis panel surya tersebut yakni:

  1. Monocrystalline Silicon

Jenis panel surya pertama yang perlu Anda kenal adalah monocrystalline silicon. Jenis satu ini tergolong sebagai panel surya yang cukup banyak digunakan. Hal tersebut dikarenakan memiliki berbagai macam kelebihan hingga dikenal memiliki umur yang panjang.

Efisiensi penggunaan jenis panel surya monocrystalline silicon ini diperkirakan bisa mencapai 10% sehingga dikenal lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya.

  1. Thin Film Solar Cell

Selanjutnya, terdapat jenis panel surya lain yang perlu Anda ketahui juga. Yakni thin film solar cell. Tipe satu ini memanfaatkan sel surya yang tergolong sangat tipis yakni berukuran 10 nm. Naninya, dalam penggunaan panel surya jenis ini akan ditambahkan ke dalam permukaan plastic, kaca, hingga metal. Nah, ukurannya yang tipis membuat panel surya ini dianggap lebih fleksibel.

  1. Polycrystalline Silicon

Jenis terakhir yang perlu Anda ketahui pada panel surya adalah polycrystalline silicon. Tidak kalah menariknya dengan kedua jenis di atas, panel surya ini juga memiliki keunggulan seperti lebih rapi dan lebih rapat. Sementara, untuk efisiensi penggunaan bisa mencapai angka 17%.

Itulah pembahasan seputar jenis panel surya atap yang perlu Anda tahu.

Leave a Reply