You are currently viewing Kelebihan Dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Rumah Untuk Anda Tahu

Kelebihan Dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Untuk Rumah Untuk Anda Tahu

Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS termasuk sumber energi yang aman. Apalagi sistem pembangkit listrik ini ramah lingkungan. Anda dapat memakai pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah.

Kelebihan Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Berikut ini kelebihan dari pembangkit listrik tenaga surya antara lain adalah:

  1. Termasuk Sumber Energi Terbarukan

PLTS menggunakan energi matahari sebagai sumber energi yang terbarukan. Siapa saja dapat memanfaatkan energi matahari. Menurut pakar keilmuwan, energi matahari akan tetap tersedia setidaknya 5 miliar tahun mendatang.

  1. Dapat Digunakan Berbagai Tujuan

Energi matahari memiliki kelebihan yang dirasakan oleh daerah-daerah terpencil dan belum tersalur listrik. Dengan energi matahari atau PLTS ini nantinya daerah terpencil sekalipun dapat menghasilkan listrik. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk penyulingan air guna memenuhi kebutuhan air bersih. 

  1. Biaya Perawatan Terjangkau

Anda tidak perlu khawatir tagihan listrik menjadi mahal dengan PLTS. Perihal biaya perawatan pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah, sangat terjangkau. Untuk menjaga sistem panel surya tetap bersih, Anda tidak perlu melakukan pembersihan setiap hari.

Sebaiknya, pembersihan sistem panel surya ini Anda percayakan kepada teknisi ahli. Dengan begitu dapat lebih terjaga dan terjamin kebersihannya.

Kekurangan Penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Meskipun terdapat kelebihan, Anda juga perlu mengetahui kekurangan menggunakan PLTS. Berikut untuk lebih jelasnya:

  1. Kinerja Berdasarkan Kondisi Cuaca

Mengingat PLTS bergantung pada energi cahaya matahari, maka jika cuaca kurang mendukung akan berpengaruh pada kinerja. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena cuaca mendung pun panel surya tetap dapat mengumpulkan energi matahari. Hanya saja jika cuaca lebih sering mendung, maka akan berefek pada sistem energi yang dihasilkan.

  1. Biaya Awal Yang Tinggi

Meskipun di dalam kelebihan PLTS memiliki biaya yang terjangkau, namun pada pemasangan awal terbilang tinggi. Anda perlu membayar untuk sejumlah komponen panel yang dibutuhkan. Mulai dari panel surya, kabel, baterai, inverter, dan juga biaya pemasangannya.

  1. Memerlukan Banyak Ruang

Jumlah panel surya yang dibutuhkan tergantung seberapa banyak listrik yang dihasilkan. Semakin banyak jumlahnya, maka jumlah panel surya juga harus menyesuaikan. Anda perlu melakukan pemasangan panel surya di area halaman rumah. Sebab kebanyakan atap rumah tidak mampu memuat jumlah panel surya yang terpasang.

Itulah kelebihan dan kekurangan untuk Anda yang hendak melakukan pemasangan pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah. Untuk memutuskan apakah Anda perlu atau tidak melakukan pemasangan PLTS, kembalikan pada seberapa besar kebutuhannya. Sehingga nantinya Anda dapat melakukan persiapan lebih awal untuk memasang PLTS di rumah.

Leave a Reply