You are currently viewing Jangan Salah Pilih! Yuk Kenali Jenis-jenis Tenaga Surya Untuk Rumah

Jangan Salah Pilih! Yuk Kenali Jenis-jenis Tenaga Surya Untuk Rumah

Tenaga surya untuk rumah adalah salah satu teknologi penghasil listrik yang cukup populer baru-baru ini. Untuk Anda yang tertarik menggunakan teknologi panel surya, pastikan untuk mengenai jenis-jenis tenaga surya untuk rumah yang ada di pasaran. Hal tersebut penting untuk dipahami karena setiap jenis panel surya mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Jenis-jenis Tenaga Surya untuk Rumah

Berikut ini adalah beberapa jenis tenaga surya untuk rumah yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  1. Panel Surya On Grid

Jenis panel surya yang satu ini merupakan salah satu jenis teknologi tenaga surya yang sudah dilengkapi dengan sambungan grid atau yang kita sebut dengan jaringan listrik sentral. Agar panel surya jenis ini dapat beroperasi secara optimal dan bisa menghasilkan energi listrik, maka semua panel harus terhubung dengan jaringan PLN terlebih dulu.

Kemudian setelah itu, panel surya on grid juga dapat digunakan untuk menyalakan berbagai jenis peralatan elektronik.

  1. Panel Surya Hybrid

Jenis tenaga surya untuk rumah berikutnya yaitu panel surya hybrid. Solar panel yang satu ini adalah jenis pembangkit listrik tenaga surya yang masih membutuhkan jaringan PLN. Untuk menyimpan cadangan energinya, panel surya ini biasanya akan menggunakan baterai.

  1. Monocrystalline Silicon

Jenis komponen solar panel ini adalah jenis yang cukup banyak digunakan karena kelebihan yang ada di dalamnya. Panel surya yang satu ini terbuat dari silikon tipis-tipis. Kelebihan dari jenis tenaga surya untuk rumah ini yaitu jenis solar panel yang satu ini dinilai menjadi solar panel paling efektif untuk digunakan.

Hal tersebut terjadi karena jenis panel surya bisa menyerap cahaya dengan lebih efektif jika dibandingkan dengan jenis panel surya lain. 

Namun sayangnya, jenis panel surya yang satu ini akan memerlukan cahaya matahari yang sangat terang saat beroperasi. Sebab, panel surya jenis ini akan mengalami pengurangan efisiensi apabila berada di tempat dengan cuaca yang mendung atau berawan.

Demikian penjelasan mengenai beberapa jenis tenaga surya untuk rumah yang dapat Anda pilih. Dari beberapa jenis yang sudah disebutkan di atas, manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?

Leave a Reply