You are currently viewing Aneka Jenis Panel Tenaga Surya untuk Rumah yang Hemat Energi Lengkap dengan Poin Plusnya

Aneka Jenis Panel Tenaga Surya untuk Rumah yang Hemat Energi Lengkap dengan Poin Plusnya

Sebagai salah satu energi terbarukan yang hemat listrik, panel tenaga surya untuk rumah sering diterapkan. Tidak hanya bentuknya yang estetik dan unik, namun juga menghadirkan sejumlah kelebihan yang menguntungkan untuk Anda. Yuk, simak uraian selengkapnya berikut ini dengan seksama!

Macam-Macam Panel Surya yang Cocok untuk Rumah

Jenis panel tenaga surya untuk rumah pada urutan pertama yaitu polycrystalline silicon. Panel surya ini punya tingkat efisiensi hingga 17%. Ciri khasnya yaitu ada fragmen atau retakan yang berada di dalam sel surya tersebut. Harga panel surya polycrystalline silicon sangat terjangkau dan banyak digunakan.

Urutan yang kedua yaitu monocrystalline silicon dengan tingkat efisiensi yang bagus dan umur pakainya juga panjang. Panel surya monocrystalline silicon dibuat dari bahan kristal silikon murni. Meskipun harganya mahal, akan tetapi kualitasnya tidak diragukan lagi.

Solar panel dengan urutan ketiga yaitu thin film solar cell. Tipe panel surya ini ukurannya sangat tipis yaitu 10 nm. Sehingga, beratnya juga sangat ringan dan fleksibel untuk digunakan. Tingkat performanya juga terbilang baik karena bisa menghasilkan cahaya penerangan yang baik di rumah maupun di kantor.

Prinsip Kerja Panel Surya dan Perbedaan Mendasar dengan Sel Surya

Prinsip kerja dari panel tenaga surya untuk rumah secara umumnya yaitu solar panel akan mengubah energi surya menjadi energi listrik. Energi yang dihasilkan dari panel surya berfungsi sebagai pemberi daya untuk semua peralatan elektronik milik Anda di rumah. 

Panel surya juga akan menghasilkan arus DC atau searah menjadi arus AC atau bolak-balik. Sel surya dengan panel surya sekilas terlihat sama, namun maknanya tentu berbeda. Sel surya adalah sumber atau inti dari solar panel. 

Sel surya terdiri dari beberapa kesatuan panel surya yang disusun secara paralel dan seri. Sedangkan, panel surya adalah gabungan jumlah sel surya yang sangat bervariasi. 

Manfaat Penggunaan Panel Surya di Rumah

Sejumlah panel tenaga surya untuk rumah pastinya memiliki manfaat tersendiri. Mulai dari dapat menghemat pengeluaran biaya tagihan listrik dan dapat digunakan pada segala kondisi iklim. Garansi yang diberikan oleh panel surya juga lebih lama dan memberikan estetika yang unik untuk rumah Anda.

Kemudian, panel surya juga memiliki biaya perawatan yang lebih terjangkau karena ramah lingkungan. Dari segi pemasangannya, Anda tidak perlu menggunakan atap rumah yang baru lagi untuk memasang solar panel tersebut.

Leave a Reply